14 Januari 2012

Membakar sampah, baik kah?

Urusan kita dengan sampah tidak berhenti saat kita membuang sampah saja. Membuang sampah di tempatnya memang baik, tetapi masih ada hal-hal yang kita perlu perhatikan setelah membuang sampah.



Beberapa dari kita memilih untuk membakar sampah yang telah terkumpul. Apakah pilihan untuk membakar sampah merupakan pilihan yang baik? Ternyata membakar sampah malah menimbulkan masalah baru lagi, khususnya bagi kesehatan kita.

Saat membakar sampah dalam tumpukan, tidak terjadi proses pembakaran yang baik. Pembakaran yang baik adalah dengan membutuhkan Oksigen (O2) yang cukup. Berbeda saat membakar tumpukan sampah, mungkin bagian luar tumpukan cukup mendapatkan Oksigen sehingga menghasilkan CO2, tapi di dalam tumpukkan sampah akan kekurangan O2 sehingga yang dihasilkan adalah gas Karbon Monoksida (CO).

Lalu kenapa dengan gas Karbon Monoksida?
Gas Karbon Monoksida (CO) merupakan gas yang berbahaya, karena dapat membunuh kita secara massal. Bila kita menghirup gas CO, hemoglobin darah yang seharusnya mengangkat dan mengedarkan oksigen ke seluruh tubuh akan terganggu. Dengan begitu, tubuh akan mengalami kekurangan Oksigen, yang dapat berujung kematian.

Asap yang dihasilkan dari pembakaran sampah juga berbahaya, lho. Masalah juga muncul dari sampah organik, yang dapat mengakibatkan partikel-partikel yang tak terbakar akan berterbangan, atau menghasilkan reaksi yang menghasilkan hidrokarbon berbahaya. Hidrokarbon berbahaya yang dihasilkan asap pembakaran sampah, termasuk senyawa penyebab kanker yaitu benzopirena, nyatanya mencapai 350 kali lebih besar dari asap rokok. Semakin jauh, kita bisa terjangkit kanker paru-paru, infeksi paru-paru, asma, atau bronkitis.

Belum lagi dengan gas yang dihasilkan dari pembakaran sampah, yang juga dapat merusak atmosfer bumi. Gas tersebut adalah senyawa chlor, yang dihasilkan dari pembakaran plastik. Pembakaran bahan sintetis yang mengandung nitrogen, seperti nilon, busa poliuretan yang ada pada sofa atau karpet busa, juga membahayakan karena dapat menghasilkan gas HCN yang berbahaya.

Membuang sampah di tempatnya memang belum cukup. Proses dalam menghancurkan sampah nyatanya masih jauh lebih ribet lagi. Sehingga pada dasarnya, kita pun perlu mengurangi sampah, terutama sampah-sampah yang susah mengurai. Mengurangi konsumsi, memaksimalkan produk yang bisa digunakan berkali-kali daripada yang sekali pakai.

Be smart, be green.

14 komentar:

Unknown mengatakan...

tidak adakah solusi baik untuk mengatasi permasalah sampah di negara ini? sebenernya pertimbangan apa sih yg diambil pemerintah kita dalam mengatasi sampah? kenapa coba kita ga adaptasi kebijakan sampah misalnya seperti di singapura ataupun jerman? toh setau saya itu sangat berhasil bagi beberapa negara besar lain.

Unknown mengatakan...

di daerah saya sih, orang buang sampah paling di kubur. karena rata-rata setiap rumah punya sedikit pekarangan atau kebun.

saya rasa ini cara yang paling efektif untuk menanggulangi sampah! :)


tapi kalau di kota yang padat penduduknya, tahu deh harus bagaimana..... :p

Saya Adalah Kamu mengatakan...

Mungkin dalam menata sampah yg profesional buat negara ini butuh mencontoh negara2 yang bersih di luar. Disini masih banyak sampah yang dibakar. Btw, nice info ya. Mau tips seputar go green bisa ke page ini http://on.fb.me/sX8U7A

agung abi nugroho mengatakan...

Menurut saya di indonesia itu harusnya buat proses pengolahan sampahnya harus mendapat perhatian khusus dari pemeritahnya sendiri supaya masyarakat indonesia baik rumah tangga, UKM, dan perusahaan-perusahaan besar lebih bijak dalam mengolah sampah mereka..

Jiyi mengatakan...

sebenarnya sistem pengelolaan sampah di negara ini seperti apa ya? apakah dikelola oleh pihak swasta yang bekerja sama dengan pemerintah melalui tender atau justru dikelola langsung oleh pemerintah oleh BUMN yang dimiliki pemerintah?

hal ini menjadi penting karena jika ternyata pengelolaan sistemnya yang salah maka kejadian seperti pembakaran sampah tidak akan menemui solusi

satubumikita mengatakan...

artikelnya cukup menarik, minta ijin tuk kami share ya..salam kenal dari satubumikita.

Unknown mengatakan...

Bagaimana kalau solusinya adalah dengan ini: incinerator ramah lingkungan.
Selain ramah lingkungan, bebas polusi dan juga sisa pembakaran bisa dimanfaatkan juga hampir tanpa energi.

Unknown mengatakan...

Mengubur sampah justru akan mencemari tanah. Okelah jika sampah organik krn dapat berubah menjadi kompos dan zat hara.. tp bagaimana dgn sampah anorganik ? Contohx plastik yg butuh waktu 3000 tahun untuk terurai secara utuh..

ijoasri mengatakan...

mesin-untuk-pembersih-sampah-jalan

ulfa nur oktaviana mengatakan...

apa si kak yang dilakukan bangsa indonesia untuk membakar sampah dalam sekala besar karena sampah yang dihasilkan per hari dapat mencapai ratusan ton. jika memang benar membakar sampah langsung di tempat terbuka dapat membahayakan pernafasan . apakah ada alat khusu yang di gunakan pemerintah untuk mengatasi pembakaran samah ? apakah terdapat alat khusus ataukah gimana kak ? ....

IASGROUPSFABRICATION mengatakan...

pembakaran sampah yang baik adalah dengan
Insenerator

karena asap yang dihasilkan benar-benar bersih sehingga aman
kami menjualnya
telp 081213965753

Unknown mengatakan...

Harga insenerator berapa ya????

Ahmed Neni mengatakan...

Nama Perusahaan::"":":":"ONE BILLION RISING FUND
Gmail Perusahaan:":":":":"::"onebillionrisingfund@gmail.com
��������������������������
Selamat siang

Namaku Nyonya Ahmed Neni dan saya berbicara sebagai salah satu orang paling bahagia di dunia saat ini dan saya mengatakan kepada diri sendiri bahwa pemberi pinjaman yang menyelamatkan keluarga saya dari situasi buruk kami, saya akan menceritakan namanya kepada dunia dan saya sangat bahagia dengan katakan bahwa keluarga saya kembali untuk selamanya karena saya membutuhkan pinjaman sebesar Rp150.000.000.00 untuk memulai hidup saya sejak saya adalah satu ibu dengan 3 anak dan dunia sepertinya sedang bergantung pada saya saat saya mencoba untuk mendapatkan pinjaman Dari bank dan online bank menolak saya pinjaman mereka mengatakan bahwa penghasilan saya rendah dan saya tidak memiliki jaminan untuk pinjaman jadi saya pergi online dan hal-hal menjadi lebih sulit karena mereka merobek uang saya dari saya dengan janji manis untuk membantu saya sampai saya bertemu dengan ALLAH mengirim pinjaman pinjaman yang mengubah hidup saya dan keluarga saya, ONE BILLION RISING FUND dimana Juruselamat ALLAH dikirim untuk menyelamatkan keluarga saya dan pada awalnya saya pikir ini tidak akan mungkin terjadi karena pengalaman masa lalu saya dan janji palsu tapi untuk mengejutkan saya, saya menerima pinjaman saya sebesar Rp150.000.000.00 dan saya akan menyarankan siapa saja yang benar-benar membutuhkan pinjaman untuk menghubungi perusahaan tersebut, melalui email di: """""""onebillionrisingfund@gmail.com"""""""karena mereka adalah pemberi pinjaman yang paling pengertian dan baik hati. Jika Anda melihat bagaimana memastikan pinjaman atau bagaimana mendapatkan pinjaman asli, perusahaan dapat membantu Anda. "

BBM: D8E814FC

Sebagai penerima manfaat dari perusahaan saya adalah bukti hidup dari kerja baik perusahaan dan saya meyakinkan Anda bahwa Anda akan mendapatkan formulir pinjaman ONE BILLION RISING FUND. cukup hubungi mereka dan ikuti proses pemberian pinjaman yang mudah

Anda dapat menghubungi saya Ahmed Neni pada informasi lebih lanjut ((ahmedneni48@gmail.com))

Allahu akbar

AMISHA mengatakan...

Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.

Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.

Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut