08 Februari 2009

Setahun Go Green Indonesia


Setahun yang lalu, saya dan Melinda membuat Go Green Indonesia.
Awalnya, saya begitu stress dengan berita-berita tentang global warming yang semakin lama semakin menggila dan menyeramkan, yang sangat ingin saya bagi kepada semua orang sehingga bumi ini bisa sempat diselamatkan. Hingga suatu kali saya melihat tulisan di friendster Melinda, dia menulis sesuatu tentang 'Go Green' yang membuat saya tertarik untuk mengirim komen;
Jeng Mel, bikin blog tentang global warming gitu yuk?
Melinda menyambut ajakan saya dengan baik, kita pun melanjutkan obrolan lewat chatting. Dari mencari nama, membuat email, membuat blog, mencari artikel, blablabla hingga akhirnya tercetus nama Go Green Indonesia sesuai dengan tujuan kami sejak awal : menjadikan Indonesia lebih hijau.
Setelah beberapa artikel diposting dan blog Go Green Indonesia resmi diluncurkan, kami segera mempromosikan blog itu ke teman-teman kami yang sialnya, dicuekin. Hanya beberapa yang merespon dengan baik, bahkan salah satu teman saya, Okta, mengirimkan artikel global warming untuk kami.
Beberapa bulan berjalan, blog mulai dikunjungi para blogger. Kebanyakan dari mereka mendukung blog kami dengan memasang banner yang sudah kami siapkan. Semakin lama, alhamdulillah semakin banyak yang datang dan bertanya, "Gimana caranya gabung di Go Green Indonesia?"
Karena yang semakin banyak yang bertanya akhirnya saya mengobrol dengan Melinda untuk membuat semacam member of Go Green Indonesia gitu. Saat itu Melinda hanya menjawab, "Lah terus membernya buat apaan jeng?" Saya jadi kembali mikir, iya juga ya. Since kita juga cuma posting di blog, belum ada dana buat acara apapun.. Tapi kemudian saya menjawab, "Biarin lah, biar blognya tersebar. Ini bukti bahwa orang-orang juga peduli sama bumi." Hingga saat ini, friend of Go Green Indonesia (saya menyebutnya begitu, berhubung 'fungsi'nya juga sebagai 'teman' kami) mencapai 300 lebih.
Yang paling fantastis menurut saya adalah Cause Go Green Indonesia di facebook. Dari hanya sekitar 100 orang selama beberapa bulan, sekarang mencapai lebih dari 17.000 orang. Banyaknya orang yang ingin berpartisipasi membuat kami semakin bersemangat untuk menyuarakan stop global warming di sini.
Sayangnya, dari banyaknya dukungan kepada kami, banyak juga yang tidak menyukai kami. Ada yang mengatakan kami ikut-ikutan, useless, terlalu terlambat, sampai ada yang bilang "ngapain sok-sok ngurusin lingkungan, mending gue ngurusin---(cause milik dia)". Untungnya, yang sering mendapat serangan seperti itu adalah Melinda mehehe yang biasanya saya hanya bilang, "Sabar aja jeng.." Yang pasti kami mencoba sebaik mungkin untuk tidak terpancing emosi, toh niat awal kami di sini baik kok.
Sampai detik ini, kami memang belum ada acara yang telah dibuat karena, sekali lagi, terhambat oleh dana. Beberapa kali kami pernah diajak acara, yang sayangnya selalu ditolak (kecuali acara Greenpeace kemarin) karena bentrok dengan jadwal sekolah dan kuliah. Sempat di-email oleh Planet Remaja Antv, yang anehnya setelah saya balas malah gak ada kabar hahaha. Kami juga pernah dua kali ikut lomba blog dengan tema lingkungan, tapi sayangnya kalah semua (aib kok diumbar haha).
Saya sangat berterimakasih kepada semua yang sudah me-link Go Green Indonesia di blognya atau memasang banner Go Green Indonesia, ikut menjadi friend of Go Green Indonesia, mengajak untuk berpartisipasi dalam acaranya, mengajak berafiliasi, dan juga yang telah mengirimkan artikel.
Semoga saja aksi kami di Go Green Indonesia ini bisa ikut membantu menyadarkan masyarakat Indonesia khususnya dalam masalah global warming. Karena bumi ini cuma satu, dan kita harus menjaganya baik-baik.

xoxo,

7 komentar:

puput..Ra mengatakan...

Happy Birth Day..
Go Green Indonesia..
Maju Terus..
Semoga Cita2 kita Tercapai

Shintung mengatakan...

sukses ya go green indonesia...

sukses jg buat melinda dan temannya. siapa lg namanya. ahahaha.

sayang kebentrok dana sih..

eCHo CoLaTE mengatakan...

met ultah go gren...

go trus yawh!!!!

GLOBAL WARMING IS NOT COOL!!!

anothergreenmageproject mengatakan...

Haha...

nama blog yang mirip dengan punya saiya

salam kenal...

b43r mengatakan...

goo grennn indonesia :D

LBC mengatakan...

met ulang taun ya ...
lanjutkan perjuangan nya
aku lah pendukungmu

-KepangDoea- mengatakan...

saiah juga mendukung Go Green!!
yeah..^^