31 Maret 2008

Ledakan Krakatau dinginkan dunia


Ledakan Gunung Krakatau yang terdapat di Selat Sunda, lebih seabad silam rupanya tidak hanya memamerkan suara suara paling keras di dunia atau mengirim 25 kilometer kubik batu serta abu ke angkasa. Tapi ledakan ini juga mendinginkan dan mengurangi ketinggian air laut seluruh dunia selama seabad.
-
Temuan hasil penelitian Peter Gleckler dan rekan-rekannya dari Lawrence Livermore National Laboratory di California yang dirilis News Scientist awal bulan ini. Gleckler membuat model lingkungan dengan Krakatau meletus dan yang tidak.
-
Temuan yang mengejutkan, ternyata ledakan itu mendinginkan dan mengurangi ketinggian air laut selama puluhan tahun. Penyebabnya karena ledakan ini mengirim abu ke langit yang menghalangi cahaya matahari selama bertahun-tahun. Akibatnya jelas, permukaan air laut menjadi lebih dingin. Pengaruh mendinginnya laut baru berkurang setelah pemanasan global berlangsung akibat polusi dunia.
-
-
oleh melinda
sumber : buku Biologi kelas 10.

2 komentar:

kensinbattosai1 mengatakan...

Tulisan artikel di blog Anda bagus-bagus. Agar lebih bermanfaat lagi, Anda bisa lebih mempromosikan dan mempopulerkan artikel Anda di infoGue.com ke semua pembaca di seluruh Indonesia. Salam Blogger!
http://www.infogue.com/
http://www.infogue.com/pengetahuan_umum/ledakan_krakatau_dinginkan_dunia/

ARI mengatakan...

Ayo dukung Gunung Krakatau, Pulau Komodo dan Danau Toba sbg Tujuh Keajaiban Dunia versi New Seven Wonders of Nature. Voting di www.new7wonders.com

http://podjoknegeri.blogspot.com/2008/05/new-7-wonders-vote-for-indonesia.html