03 Maret 2011

9 Tanaman Terampuh untuk Mencegah Global Warming

Bungur & Mahoni

   Dikenal mampu menyerap polutan seperti timbal.  Maka kedua pohon ini sebaiknya ditanam untuk penghijauan di kota-kota besar, dekat jalan protokol yang padat lalu lintasnya. Bukan rahasia lagi kalau kendaraan bermotor menjadi penyumbang timbal terbesar di udara Sebaliknya, pohon seperti akasia sebaiknya jangan dijadikan pohon jalur hijau. Mengapa? karena akasia menjadi salah satu pencetus asma. Begitu juga pohon palem yang indah bentuknya, tak begitu besar manfaatnya. 



Lumut

    Lumut yang menempel di batang pohon mampu mendeteksi tingkat polusi udara suatu daerah. Semakin banyak lumut menempel di sebuah pohon berarti semakin baik kualitas udara di tempat itu.



Tanaman Sirih Belanda

   Tanaman perdu yang bisa tumbuh dimana saja, termasuk di dalam pot di halaman rumah ini mampu menyerap formaldehida dan benzena. Hasilnya rumah pun lebih segar dan lega untuk bernafas.


Kembang Sepatu

   Mampu menyerap nitrogen sehingga membuat paru-paru kita jadi lega. Namun jangan sekali-sekali menanam bunga kembang sepatu di dekat ruang Radiografi. Tanaman ini berfungsi meneruskan radiasi sehingga berbahaya bagi orang di sekitar tempat radiografi tersebut.


Sansevieria
 
   Kalau kembang sepatu berfungsi melanjutkan radiasi, tidak demikian dengan tanaman sansevieria ini. Sansevieria mampu menyerap 107 jenis racun, termasuk polusi udara, asap rokok (nikotin), hingga radisi nuklir, sehingga cocok dijadikan penyegar. Oya, kaktus juga bisa menghambat radiasi.



Pohon Trembesi

   Mampu menyerap karbondioksida dalam jumlah yang besar, sehingga sangat disarankan untuk ditanam sebagai pohon penghijauan. Namun trembesi membutuhkan lahan yang cukup luas.


sumber: Kaskus, dengan pengeditan
-

9 komentar:

Tysar Budirianto mengatakan...

wahh sy lagi butuh bibit trembesi ya kira-kira butuh 1000 pcs

coba cek di www.greenmining.or.id

Live is Amazing mengatakan...

boleh saya repost?
thanks

Admin Banvill mengatakan...

berita bagus nih. Ijin repost ya.

Muhammad Jumani mengatakan...

Manfaatkan setiap jengkal lahan untuk ditanami untuk mendukung gerakan goo green...
Salam dari blogger
Blogger Banua

ÅšÞÐ MÖÐÊ ÖÑ™ mengatakan...

Terimakasih atas infonya gan, sangat bermanfaat sekali untuk para pembaca... Salam indonesia blogger.

Unknown mengatakan...

bolehkah me re post ???

Unknown mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Unknown mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Unknown mengatakan...

trimakasih gan,,, sangat bermanfaat buat kesehatan,,,, saya juga pecinta tanaman sansivera... terus berkarya buat go green