26 Maret 2009

Earth Hour 2009!



Apa itu Earth Hour?
Earth Hour merupakan kampanye perubahan iklim global WWF. Individu, pelaku bisnis, pemerintah akan mematikan lampu selama 1 jam dalam rangka menunjukkan dukungan terhadap penanggulangan perubahan iklim. Tahun 2009, Earth Hour menargetkan dapat menjangkau 1 milyar orang di 1000 kota.

Kapan?
Sabtu, 28 Maret 2009 pukul 20.30 – 21.30 (waktu setempat).

Kenapa ?
Dampak dari perubahan iklim yang disebabkan oleh emisi karbon menunjukkan ancaman besar pada kehidupan manusia di bumi. Hanya dengan mengubah sikap masyarakat dunia secara global dalam penggunaan sumber energi yang menghasilkan emisi karbon, kita dapat mengurangi ancaman ini.

Earth Hour merupakan sebuah seruan global dari berbagai pihak baik individu, pelaku bisnis, politisi maupun pemerintah di seluruh dunia bahwa upaya untuk menekan laju perubahan iklim merupakan tanggung jawab bersama.

Apa yang akan dicapai?
Tujuan dari Earth Hour 2009 adalah menjangkau sebanyak mungkin individu, rumah tangga dan pelaku bisnis untuk mematikan lampu mereka serta peralatan elektronik selama 1 jam.

Earth Hour bertujuan untuk mendidik masyarakat dunia tentang ancaman perubahan iklim dan begitu mudahnya bagi individu dan pelaku bisnis untuk melakukan perubahan kecil yang dapat menciptakan perubahan besar dalam keseharian mereka dan operasi perusahaan.

Earth Hour 2009, diharapkan dapat memberikan mandat kepada pemimpin dunia yang akan menghadiri Konferensi Perubahan Iklim PBB di Kopenhagen, Desember 2009 untuk melakukan reformasi lingkungan, yakni dengan menghasilkan kesepakatan baru tentang perubahan iklim menggantikan Protokol Kyoto.

Sejarah Earth Hour
Kampanye Earth Hour ini dimulai di Sydney pada 31 Maret 2007 dimana lebih dari 2 juta orang dan 2000 pelaku bisnis di seluruh kota mematikan lampu dan peralatan elektronik mereka selama 1 jam. Sejak dimulainya kampanye ini, pesan Earth Hour telah mendunia.

Pada tahun 2008, 50 juta orang di 35 negara mematikan lampu mereka sebagai dukungan terhadap Earth Hour yang menyampaikan pesan ke seluruh dunia bahwa aksi individu yang dilakukan secara bersama sesungguhnya dapat mengubah dunia.

Earth Hour 2009 targetkan jangkau 1 milyar orang di 1.000 kota seluruh dunia.

Ayo ikut berpartisipasi dengan Earth Hour. Satu jam untuk selamanya.

sumber : WWF Indonesia

3 komentar:

LBC mengatakan...

yu kita dukung, biar di bandung juga mo ikutan akh

syalalla mengatakan...

harus dong, bandung kan indonesia :)

-KepangDoea- mengatakan...

Yak Mari kiata dukung Go Green!!
Dan katakan tidak pada Ujian!!! Karena kita akan menebang pohon lebih banyak hanya untuk membuat kertas ujian!! Dan ini bisa menyebabkan Global Warming!! Iya kan ! Iya kan ! Iya kan!