11 Februari 2008

BUMI KITA SEKARAT !!

♥ Amerika Utara
- Gulf Coats di Amerika mengalami banyak kerusakan dan korban jiwa akibat diterjang banyak bencana badai. Salah satunya adalah Badai Katrina yang terkenal itu.
- Kebakaran hutan di Kanada telah menghanguskan 7,5 juta are. Itu sama luasnya dengan wilayah Negara bagian Maryland !!
♥ Amerika Tengah dan Selatan
- Dulu, nyamuk Aedes Aegypti nggak sampai ke daerah Pegunungan Andes yang tinggi. Tapi kini, mereka sudah menginvasi daerah tersebut akibat menghangatnya suhu. Hal ini juga terjadi di Meksiko.
- Di Nikaragua 15 ribu kasus kebakaran dalam setahun, akibat naiknya panas dalam! Salah satu tempat penting yang terbakar adalah cagar alam Bosawas Biosophere Reserve.
- Curah hujan yang sangat besar (5 kali lebih lebat dari biasanya) mengguyur Venezuela di tahun 1999. Akibatnya terjadi banjir besar yang menewaskan kurang lebih 30 ribu orang.
- Tahun 2005, ratusan ikan di perairan Amazon mati karena sungai tersebut kering! Wah, padahal di bayangan kita Amazon itu sangat asri ya...
- Badai hurricane yang terjadi di Karibia disebut-sebut sebagai ”one of the most active and destructive in history
♥ Antartika
- Ketebalan es yang melapisi 9 danau di Signey Island berkurang hingga 45%. Suhu air di Antartika pun semakin menghangat. Hal ini menyebabkan 33% populasi penguin berkurang karena kehabisan makanan.
- Kualitas daging ikan salmon di Alaska nggak lagi segar, gara-gara air hangat tempat mereka hidup kini jadi parasit.
- Desa Shishmaref, sebuah desa Eskimo di Alaska, terancam punah karena ini sebentar lagi jeblos ke dalam Laut Bering akibat lapisan es yang menjadi dasarnya kian menipis.
♥ Afrika
- Lapisan es di Pegunungan Kenya telah meleleh sebanyak 92% dan ratusan penduduk Kenya meninggal akibat serangan malaria di musim panas 1997. Padahal sebelumnya Kenya bebas nyamuk malaria lho! Naiknya temperaturlah yang menyebabkan nyamuk-nyamuk ini bermigrasi.
- Lebih dari 25 juta penduduk Afrika meninggal atau kelaparn akibat kekeringan yang berkepanjangan.
♥ Eropa
- Negara-negara di Eropa mengalami gelombang panas, sehingga lebih dari 15 ribu orang di Perancis meninggal karena kepanasan. Totalnya ada sekitar 35 ribu warga Eropa yang tewas akibat panas ini.
- Sementara itu, 11 negara Eropa kebanjiran dan 80 orang tewas akibat bencana ini. Di Eropa bagian selatan bahkan ada ribuan orang meninggal akibat udara dingin.
- Spanyol, Italia, dan Yunani kehilangan lebih dari 150 ribu hektar hutan mereka karena terjadinya kebakaran hutan yang berkepanjangan.
Asia
- Terjadinya badai El Nino ternyata meningkatkan jumlah kuman penyakit kolera di Bangladesh lho! Dan naiknya permukaan air laut menyebabkan Bangladesh lumpuh total dan menyebabkan 2 buah pulaunya menghilang karena terendam air laut.
- Sementara Negara tetangganya kebanjiran, India justru mengalami serangan gelombang panas yang menewaskan 1700 jiwa.
- Negara Korea mengalami hujan deras yang menyebabkan banjir selama 2 bulan.
- 90% lahan tanah basah di Iran kini sudah kering kerontang.
- Lebih dari 4000 danau di propinsi Qing Hai, Cina mengalami kekeringan
- Lebih dari 2 juta hektar hutan Indonesia terbakar karena panas dan mengancam habitat orangutan di Kalimantan.
- Salju yang dulu menyelimuti satu-satunya tempat bersalju di Indonesia, yaitu Gunung Jyawijaya di Papua kini telah menghilang!
- Lebih dari 80% pulau-pulau di Maladewa, kini berada kurang dari 1meter di atas permukaan air laut! Bisa-bisa Maladewa akan lenyap ditelan air nih!
Jadi, apa yang udah kita lakukan untuk mencegah hal-hal yang lebih buruk terjadi di bumi kita tercinta ini?
Sumber : Gadis
.Lala.

Tidak ada komentar: